Pengertian Asuransi Jiwa

Mari BerasuransiKetemu lagi dengan saya, setelah sekian lama menghilang, disini saya mencoba untuk menghimpunkan pemahaman tentang pengertian dari Asuransi Jiwa. Dalam tulisan yang singkat ini saya coba menyampaikan apa pengertian asuransi jiwa dan apa pula manfaatnya bagi kita. Baik, saya mulai dulu dari pengertian asuransi jiwa. Asuransi dalam Undang-Undang No. 2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi  asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Dalam pengertian Undang-undang perasuransian tersebut, dapat dilihat ada dua pengertian asuransi, yaitu asuransi kerugian, dan asuransi jiwa. Sedangkan yang dimaksud asuransi jiwa, menurut undang-undang perasuransian tersebut berkaitan dengan meninggal atau hidupnya seseorang. Dari pengertian tersebut terlukis bahwa dalam asuransi jiwa, ada dua risiko yang dihadapi adalah: 1. Risiko kematian. 2. Hidup seseorang terlalu lama. Jadi Yang dimaksud dengan asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Kedua resiko di atas sama-sama akan menimbulkan persoalan ekonomi bagi kelaurga yang ditinggalkannya. Disinilah asuransi jiwa bekerja, inilah yang dicoba dicover oleh asuransi jiwa. Dan apabila resiko yang ada tersebut tidak diantisipasi dengan jaminan asuransi jiwa, banyak persoalan ekonomi yang mungkin bisa saja terjadi. Manfaat Asuransi Jiwa Begitu pentinganya asuransi dalam persoalan ekonomi sehingga pemerintah perlu mengeluarkan peraturan dan perundangan yang terkait dengan asuransi. Ada banyak manfaat dari asuransi, beberapa diantaranya adalah:

  • Menenteramkan kepala keluarga (suami/bapak), dalam arti memberi jaminan penghasilan, pendidikan, apabila kepala keluarga terkena musibah yang menyebabkan meninggal dunia.
  • Dengan membeli polis asuransi jiwa dapat digunakan sebagai alat untuk menabung (saving). Pada umumnya kedisiplinan masyarakat kita untuk menabung sangat rendah. Asuransi dapat menjadi alat untuk mendisiplinkan seseorang untuk menabung.
  • Sebagai sumber penghasilan (earning power). Inilah yang dapat diambil manfaatnya untuk menjamin kebutuhan ekonomi ketika sudah tidak mampu bekerja lagi.

Dari uraian-uraian di atas nyatalah bahwa asuransi sangat besar manfaatnya untuk kita , ntuk itu marilah kita sama-sama tanamkan kesadaran akan pentingnya berasuransi.
SYMANTEC Norton Internet Security 2013 EKL (1-User)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s